Melalui Creators Lab, TikTok Shop dan Kemenpar RI bekali Mahasiswa Poltekpar Jadi Kreator Konten

--
DISWAY, SULSEL - Dalam rangka mendorong semangat kewirausahaan generasi muda yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenpar RI) bekerja sama dengan Tokopedia dan TikTok Shop menyelenggarakan pelatihan komprehensif melalui program Creators Lab bagi mahasiswa Politeknik Pariwisata (poltekpar) Makassar.
Pelatihan yang digelar pada Kamis (24/4) ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menjadi kreator konten yang tidak hanya mampu menghasilkan pendapatan, tetapi juga berperan dalam mempromosikan pariwisata serta produk UMKM lokal.
Program ini juga turut mendukung kampanye #BelanjaAman di TikTok Shop dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya merekomendasikan produk dan penjual terpercaya.
“Sebagai perusahaan teknologi, kami terus berkolaborasi bersama para mitra strategis, untuk memupuk jiwa kewirausahaan generasi muda, terutama yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi seperti kreator konten," kata Vonny Susamto selaku Director of Tokopedia and TikTok E-commerce dalam sambutannya.
Menurut Vonny, kreator konten di era digital seperti ini, telah menjadi profesi yang bisa menguntungkan berbagai pihak.
"Dalam konteks pariwisata, seorang kreator punya kapasitas mempromosikan destinasi wisata agar makin ramai dikunjungi. Ekonomi masyarakat di sekitar destinasi wisata yang makin ramai ini pun bisa jadi lebih hidup. Seorang kreator TikTok bisa mendapatkan penghasilan berupa komisi, setiap produk di TikTok Shop yang direkomendasikan lewat konten video, dalam hal ini short video dan live streaming mereka berhasil terjual. Pembeli juga lebih mudah memilih produk terpercaya berkat rekomendasi kreator lewat konten video. Pelaku usaha di TikTok Shop, khususnya UMKM lokal, di sisi lain berpotensi meningkatkan pendapatan lewat konten video para kreator,” jelasnya.
Program bersama Kemenpar RI ini telah berlangsung di Palembang dan akan berlanjut ke Medan, Bandung, Bali, serta Lombok.
Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Pendidikan Vokasi Kementerian Pariwisata Andar Danova L. Goeltom mendorong mahasiswa Poltekpar Makassar untuk belajar membuat konten digital.
Ia menyampaikan konten digital bisa menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan pariwisata, kuliner, dan produk lokal.
"Strategi ini bukan hanya meningkatkan visibilitas produk lokal, tetapi juga memperkokoh ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan," kata Andar Danova dalam sambutannya yang hadir melalui virtual.
Oleh karena itu, ia berharap, program-program pelatihan seperti Creators Lab yang diadakan Tokopedia dan TikTok Shop perlu dijalankan untuk meningkatkan kapasitas kreator dalam membuat konten untuk keperluan promosi.
"Kegiatan seperti ini mencerminkan komitmen kita dalam membentuk sumber daya manusia yang kreatif dan adaptif terhadap perubahan zaman," katanya.
Menurut dia, perguruan-perguruan tinggi bisa mengadakan pelatihan pembuatan konten digital secara mandiri atau bekerja sama dengan sektor swasta untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat konten digital.
Menurut dia, perguruan tinggi bersama mitra swasta bisa berkolaborasi untuk menghadirkan ruang belajar dan ruang berkarya bagi mahasiswa pariwisata.
Sumber: