Kendaraan Listrik Makin Populer di Indonesia

Kendaraan Listrik Makin Populer di Indonesia

Toko penjualan kendaraan listrik semakin banyak tersebar di sejumlah wilayah. Hal ini seiring semakin populernya kendaraan ramah lingkungan ini.-ANTO DISWAY-

DISWAY, SULSEL -- Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, perkembangan kendaraan listrik di Indonesia telah mengalami peningkatan secara signifikan.

Perkembangan ini sendiri dipengaruhi oleh adanya kesadaran lingkungan, teknologi hingga kebijakan pemerintah. Hal ini juga didukung oleh bertambahnya diskusi-diskusi yang membahas perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Menurut Principal Insights Analyst Dataxet Sonar, Alfano Abu Yusuf, terdapat lonjakan diskusi publik di media sosial tentang kendaraan listrik yang meningkat hingga 215 persen dalam empat bulan terakhir.

“Dari segi data minat publik terhadap kendaraan listrik peningkatannya cukup signifikan. Minat ini didasari dari omongan-omongan baik dari media sosial maupun word of mouth dari orang lain yang sudah menggunakan kendaraan listrik. Itulah membuat orang consideration untuk switch menggunakan kendaraan listrik,” jelas Alfano kepada Disway secara daring, pada Minggu 8 Juni 2025.

Melanjutkan, Alfano juga menambahkan bahwa dalam data tersebut, sentimen positif yang didapat telah mencapai 28,1 persen, yang menunjukkan adanya optimisme publik terhadap penggunaan kendaraan listrik di masa depan.

“Banyaknya sentimen positif dari konten edukasi dan konten kolaborasi strategis antara brand dengan pemerintah mengenai kendaraan listrik. Seperti konten mengenai keuntungan menggunakan kendaraan listrik,” jelas Alfano.

Kendati begitu, perkembangan kendaraan listrik Indonesia masih cenderung terbatas. Menurut Jurnalis Otomotif AutonetMagz, Claudius Surya, hal ini sendiri disebabkan karena masih minimnya pemahaman masyarakat terhadap kendaraan listrik.

Oleh karena itulah, dirinya menekankan pentingnya peran media dalam membentuk opini publik terhadap kendaraan listrik. 

“Media tidak hanya bertugas memberikan edukasi, tetapi juga menjadi corong brand dalam menyampaikan manfaat dan kelebihan kendaraan listrik. Tugas media bukan sekadar mengulas fitur, tapi juga dituntut untuk mengedukasi publik dalam memahami manfaat dan kelebihan dari kendaraan listrik secara objektif,” jelas Claudius kepada Disway secara daring, pada Minggu 8 Juni 2025.

Melanjutkan, Claudius juga menambahkan bahwa salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran publik adalah dengan memanfaatkan momentum.

“Riding the wave pada momentum tertentu dapat menjadi wadah untuk menaikkan awareness,” ucap Claudius. (*)

 

Sumber: