Hasil Survey Pelayanan KPPN Sinjai Sangat Memuaskan, Ini Buktinya

Hasil Survey Pelayanan KPPN Sinjai Sangat Memuaskan, Ini Buktinya

<strong>DISWAYSULSEL, SINJAI </strong>- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai melaksanakan survey kepuasan pengguna layanan triwulan I 2023 pada Kamis, 23 Maret 2023 guna mengukur tingkat kualitas layanan publik yang diberikan oleh KPPN Sinjai. "Survei kepuasan ini dilakukan Sinjai secara periodik setiap triwulanan," kata Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi lewat pesam singkatnya di WhatsApp, Kamis (8/6/2023). Arif mengatakan, survei kepuasan ini merupakan langkah untuk mendapatkan penyelenggara negara yang mampu melayani masyarakat dan mampu meletakkan pondasi yang diperlukan bangsa untuk memenangkan persaingan global, diperlukan birokrasi yang agile, efisien, dan efektif, yaitu yang fleksibel, lincah dan cepat dalam merespon perubahan, serta mampu menggunakan sumber daya yang tersedia dengan seminimal mungkin untuk mendapatkan target/output yang telah ditetapkan secara optimal. Secara sederhana, lanjut kata Arif bahwa pelaksanaan Survei Kepuasan Pengguna Layanan ini untuk mengukur tingkat kepentingan dan kepuasan pengguna layanan atas kinerja layanan serta sarana dan prasarana di KPPN Sinjai dan sejak pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi KPPN Sinjai dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder, mengingat pembatasan adanya tatap muka. "Layanan KPPN Sinjai yang semula masih berupa tatap muka beralih menjadi daring/online," ujarnya. Arif menjelaskan, survei diikuti oleh pejabat perbendaharaan maupun operator sebanyak 30 persen dari total satker mitra KPPN Sinjai. Atas survei yang dilaksanakan diperoleh tingkat kepuasan satuan kerja atas layanan KPPN Sinjai sebesar 4,97persen (skala 0-5). Kemudian, untuk Indeks Kepuasan Masyarakat diperoleh hasil sebesar 0,99 persen (skala 0-1) atau menurut kriteria Customer satisfaction index (CSI) adalah sangat memuaskan. "Atas hasil survei yang diperoleh, KPPN Sinjai terus terbuka oleh suara stakeholders baik kritikan maupun saran membangun untuk peningkatan kualitas pelayanan KPPN Sinjai," ungkapnya. Arif menambahkan, KPPN Sinjai akan terus menjaga dan meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan stakeholder mengingat saat ini peran KPPN kian kompleks. "Kita berharap kedepannya sinergi dan komunikasi antara KPPN dan stakeholder dapat terus terjaga dengan baik," pungkasnya. (fan)

Sumber: