Tokopedia Bantu UMKM Lokal Go Nasional
Tokopedia Bantu UMKM Lokal Go Nasional.--Tokopedi--
diswaysulsel, MAKASSAR - Tokopedia dan Shoptokopedia berkomitmen untuk terus membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal agar dapat memasarkan produknya ke seluruh Indonesia.
Salah satu UMKM yang berhasil dengan menggandeng Tokopedia yakni Toko Sulawesi Central di Kota Makassar. Ide usaha Toko yang didirikan Harmin Alfis bermula dari sirup markisa yang ia bawakan untuk calon ibu mertua di Kalimantan, hingga akhirnya menginspirasi Harmin menjual produk dan makanan khas Makassar.
“Walau dengan modal dana yang terbatas. Melihat hasil penjualan 80% berasal dari Pulau Jawa, Sumatra, hingga Papua, akhirnya saya putuskan untuk memperkaya produk yang dijual, sehingga menjual produk khas Sulawesi berdasarkan referensi pelanggan. Agar sesuai dengan produk yang dijual, saya memilih nama Toko Sulawesi Central,” ucap Harmin.
Dengan mulai menjual produk kategori kerajinan tangan, yang terdiri dari songkok atau peci, gantungan kunci, hingga miniatur, serta makanan dan minuman asal Sulawesi, Harmin turut menggandeng perajin lokal asal Sulawesi yang telah diseleksi berdasarkan kualitas hasil karya para perajin.
Selama 5 tahun membangun bisnis Toko Sulawesi Central dan menjadi pemasukan utama keluarga, Harmin berhasil mempunyai satu toko offline, dan telah bekerja sama dengan lebih dari 30 UMKM, serta menjual sekitar 150 produk UMKM.
Bahkan, berkat berjualan di Tokopedia sejak Maret 2020, Toko Sulawesi Central berhasil menjangkau pasar dari berbagai wilayah, seperti Aceh, Pulau Jawa, Makassar, Pulau Rote (NTT), hingga Timika (Papua Tengah). Sirup markisa dan kue bagea menjadi produk paling laris yang dibeli melalui Tokopedia.
“Berkat ShopTokopedia, Toko Sulawesi Central berhasil mendapatkan pembeli dari Sabang hingga Merauke, tak terkecuali daerah pedalaman sehingga ShopTokopedia berkontribusi cukup signifikan terhadap penjualan Toko Sulawesi Central,” ungkap Harmin.
Disisi lain, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan juga menawarkan fitur baru dalam memudahkan UMKM memasarkan produknya, berupa live streaming di Shoptokopedia Tiktok.
"Selain dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi pelanggan lewat ShopTokopedia, fitur live streaming dapat dimanfaatkan menjadi salah satu strategi pemasaran oleh penjual dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan, Fashion, Olahraga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan masih banyak lagi,” tutup Aditia.
Sumber: