DISWAY, SULSEL — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat layanan masyarakat, termasuk Kantor Camat, Puskesmas, dan Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Tamalate, Kelurahan Barombong dan sekitarnya, Selasa (27/5/2025).
"Pagi ini, saya melakukan sidak di mulai dari Kantor Camat Tamalate, kemudian berlanjut ke Kantor Lurah Barombong dan Kantor Lurah Sambung Jawa. Selain itu, tim juga menyambangi Puskesmas Barombong dan SDN Barombong," jelas Appi. Kegiatan ini dilakukan guna memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional. Munafri mengatakan bahwa sidak ini bertujuan untuk melihat langsung kinerja pegawai serta mengevaluasi sarana dan prasarana pelayanan publik. "Kita ingin memastikan semua perangkat pelayanan publik benar-benar hadir melayani masyarakat secara optimal. Ini bagian dari komitmen kami meningkatkan kualitas pelayanan," ujarnya. Dari hasil sidak, ditemukan beberapa catatan yang akan segera ditindaklanjuti, seperti perbaikan fasilitas dan peningkatan kedisiplinan aparatur sipil negara. Dalam kunjungan tersebut, Appi menyoroti kondisi fasilitas yang masih membutuhkan perhatian khusus. "Kami melihat langsung fasilitas di kantor camat, puskesmas, hingga SD di sekitar sini. Memang fasilitasnya perlu perhatian ekstra sehingga harus segera dibenahi," tegasnya usai sidak. Sidak ini merupakan bagian dari upaya evaluasi rutin sekaligus bentuk komitmen pemerintah Kota Makassar, dalam membangun kepercayaan publik terhadap pelayanan yang diberikan. Selain kondisi fisik, perhatian juga tertuju pada kebersihan dan tampilan kantor pelayanan publik yang dinilai belum optimal. Tampilan kantor kurang bersih. "Ini harus butuh effort ekstra agar bisa memperlihatkan bahwa pelayanan pemerintah itu harus berada di tempat yang bersih, sehat, dan nyaman bagi semua," lanjutnya. Munafri juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang ramah dan cepat merespons keinginan masyarakat adalah hal yang wajib. "Tentu pelayanan ke masyarakat penting, menjadi tugas kita ke depan untuk terus memperbaiki sistem layanan publik agar makin responsif dan profesional," tegasnya. (*)Sidak Layanan Publik di Tamalate, Appi Soroti Kebersihan dan Respon Layanan
Selasa 27-05-2025,12:21 WIB
Reporter : Fuad
Editor : Muh. Seilessy
Kategori :
Terkait
Kamis 23-10-2025,18:22 WIB
Gelar Bimtek Arsitektur SPBE, Kominfo Makassar Harap Wujudkan Smart Governance
Kamis 23-10-2025,11:54 WIB
Sekda Zulkifly Sambut Evaluator KemenpanRB, Paparkan Capaian AKIP 2025
Rabu 22-10-2025,18:16 WIB
Pemkot Makassar Matangkan Langkah Penataan PK5 di Jalan Dr. Leimena
Rabu 22-10-2025,16:39 WIB
Pemkot Makassar Pilih Barombong dan Sudiang jadi Kawasan Urban Farming Modern
Selasa 21-10-2025,14:42 WIB
Wali Kota Munafri Apresiasi DPRD, Bahas Ranperda Kearsipan, Pesantren, dan Hak Keuangan DPRD
Terpopuler
Minggu 26-10-2025,12:36 WIB
Cerdaskan Bangsa, Fuxing Gandeng Yayasan Pundarika Buka Cabang Pelatihan Bahasa Mandarin
Minggu 26-10-2025,08:56 WIB
Disbud Makassar Hadirkan Piringan Hitam Peninggalan VOC
Minggu 26-10-2025,12:02 WIB
Peserta Minum Kopi Gula Aren Terbanyak di Festival Pinisi, KMB Pecahkan Rekor MURI
Minggu 26-10-2025,13:45 WIB
Jawab Kebutuhan Kaula Muda, AIRNAV MAKASSAR Gelar Kegiatan Run Terbesar
Minggu 26-10-2025,14:54 WIB
Film Badik Kisahkan Kehormatan dan Cinta dalam Bingkai Budaya Bugis Makassar, Catat Tanggal Tayangnya
Terkini
Minggu 26-10-2025,16:55 WIB
Pegadaian-LPDS Sukses Gelar UKW di Makassar, 20 Wartawan Peserta Uji Dinyatakan Kompeten
Minggu 26-10-2025,14:54 WIB
Film Badik Kisahkan Kehormatan dan Cinta dalam Bingkai Budaya Bugis Makassar, Catat Tanggal Tayangnya
Minggu 26-10-2025,13:45 WIB
Jawab Kebutuhan Kaula Muda, AIRNAV MAKASSAR Gelar Kegiatan Run Terbesar
Minggu 26-10-2025,12:36 WIB
Cerdaskan Bangsa, Fuxing Gandeng Yayasan Pundarika Buka Cabang Pelatihan Bahasa Mandarin
Minggu 26-10-2025,12:02 WIB