DISWAY, SULSEL — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat layanan masyarakat, termasuk Kantor Camat, Puskesmas, dan Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Tamalate, Kelurahan Barombong dan sekitarnya, Selasa (27/5/2025).
"Pagi ini, saya melakukan sidak di mulai dari Kantor Camat Tamalate, kemudian berlanjut ke Kantor Lurah Barombong dan Kantor Lurah Sambung Jawa. Selain itu, tim juga menyambangi Puskesmas Barombong dan SDN Barombong," jelas Appi. Kegiatan ini dilakukan guna memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional. Munafri mengatakan bahwa sidak ini bertujuan untuk melihat langsung kinerja pegawai serta mengevaluasi sarana dan prasarana pelayanan publik. "Kita ingin memastikan semua perangkat pelayanan publik benar-benar hadir melayani masyarakat secara optimal. Ini bagian dari komitmen kami meningkatkan kualitas pelayanan," ujarnya. Dari hasil sidak, ditemukan beberapa catatan yang akan segera ditindaklanjuti, seperti perbaikan fasilitas dan peningkatan kedisiplinan aparatur sipil negara. Dalam kunjungan tersebut, Appi menyoroti kondisi fasilitas yang masih membutuhkan perhatian khusus. "Kami melihat langsung fasilitas di kantor camat, puskesmas, hingga SD di sekitar sini. Memang fasilitasnya perlu perhatian ekstra sehingga harus segera dibenahi," tegasnya usai sidak. Sidak ini merupakan bagian dari upaya evaluasi rutin sekaligus bentuk komitmen pemerintah Kota Makassar, dalam membangun kepercayaan publik terhadap pelayanan yang diberikan. Selain kondisi fisik, perhatian juga tertuju pada kebersihan dan tampilan kantor pelayanan publik yang dinilai belum optimal. Tampilan kantor kurang bersih. "Ini harus butuh effort ekstra agar bisa memperlihatkan bahwa pelayanan pemerintah itu harus berada di tempat yang bersih, sehat, dan nyaman bagi semua," lanjutnya. Munafri juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang ramah dan cepat merespons keinginan masyarakat adalah hal yang wajib. "Tentu pelayanan ke masyarakat penting, menjadi tugas kita ke depan untuk terus memperbaiki sistem layanan publik agar makin responsif dan profesional," tegasnya. (*)Sidak Layanan Publik di Tamalate, Appi Soroti Kebersihan dan Respon Layanan
Selasa 27-05-2025,12:21 WIB
Reporter : Fuad
Editor : Muh. Seilessy
Kategori :
Terkait
Rabu 16-07-2025,18:17 WIB
RPJMD Makassar 2025-2029 Disahkan, Pemkot Komitmen Percepatan Program-Program Prioritas
Selasa 15-07-2025,15:12 WIB
Pemkot Makassar Operasikan Bus Sekolah Gratis
Jumat 11-07-2025,12:33 WIB
Sidak Sejumlah Kantor OPD, Wali Kota Munafri Soroti Kebersihan, Area Parkir, Hingga Kerusakan Ruang Kerja
Kamis 10-07-2025,18:49 WIB
Program Seragam Sekolah Gratis Mulai Disalurkan Bertahap Bulan Ini
Rabu 09-07-2025,17:08 WIB
Dongkrak PAD, Bapenda Makassar Kebut Opsen, Target Tembus Rp400 Miliar
Terpopuler
Senin 21-07-2025,08:59 WIB
Musda Golkar Sulsel, Appi Punya Kans Aklamasi
Minggu 20-07-2025,19:50 WIB
Rayakan Hari Anak Nasional, PELNI Ajak Anak Jelajahi Dunia MARITIM dan Lomba Menggambar
Minggu 20-07-2025,19:41 WIB
Agar Tepat Sasaran, Wabup DM Minta Penyaluran Bantuan Pangan Beras Masyarakat Diawasi
Senin 21-07-2025,17:31 WIB
Pemkab Gowa Dukung Penuh Kongres Nasional AFEB PTMA
Senin 21-07-2025,06:39 WIB
Gelar Musker, Pondok Tahfizhul Qur'an Jami'ul Qurra Bahas Program Strategis
Terkini
Senin 21-07-2025,17:31 WIB
Pemkab Gowa Dukung Penuh Kongres Nasional AFEB PTMA
Senin 21-07-2025,08:59 WIB
Musda Golkar Sulsel, Appi Punya Kans Aklamasi
Senin 21-07-2025,06:39 WIB
Gelar Musker, Pondok Tahfizhul Qur'an Jami'ul Qurra Bahas Program Strategis
Minggu 20-07-2025,19:50 WIB
Rayakan Hari Anak Nasional, PELNI Ajak Anak Jelajahi Dunia MARITIM dan Lomba Menggambar
Minggu 20-07-2025,19:41 WIB