DISWAY, SULSEL — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat layanan masyarakat, termasuk Kantor Camat, Puskesmas, dan Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Tamalate, Kelurahan Barombong dan sekitarnya, Selasa (27/5/2025).
"Pagi ini, saya melakukan sidak di mulai dari Kantor Camat Tamalate, kemudian berlanjut ke Kantor Lurah Barombong dan Kantor Lurah Sambung Jawa. Selain itu, tim juga menyambangi Puskesmas Barombong dan SDN Barombong," jelas Appi. Kegiatan ini dilakukan guna memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional. Munafri mengatakan bahwa sidak ini bertujuan untuk melihat langsung kinerja pegawai serta mengevaluasi sarana dan prasarana pelayanan publik. "Kita ingin memastikan semua perangkat pelayanan publik benar-benar hadir melayani masyarakat secara optimal. Ini bagian dari komitmen kami meningkatkan kualitas pelayanan," ujarnya. Dari hasil sidak, ditemukan beberapa catatan yang akan segera ditindaklanjuti, seperti perbaikan fasilitas dan peningkatan kedisiplinan aparatur sipil negara. Dalam kunjungan tersebut, Appi menyoroti kondisi fasilitas yang masih membutuhkan perhatian khusus. "Kami melihat langsung fasilitas di kantor camat, puskesmas, hingga SD di sekitar sini. Memang fasilitasnya perlu perhatian ekstra sehingga harus segera dibenahi," tegasnya usai sidak. Sidak ini merupakan bagian dari upaya evaluasi rutin sekaligus bentuk komitmen pemerintah Kota Makassar, dalam membangun kepercayaan publik terhadap pelayanan yang diberikan. Selain kondisi fisik, perhatian juga tertuju pada kebersihan dan tampilan kantor pelayanan publik yang dinilai belum optimal. Tampilan kantor kurang bersih. "Ini harus butuh effort ekstra agar bisa memperlihatkan bahwa pelayanan pemerintah itu harus berada di tempat yang bersih, sehat, dan nyaman bagi semua," lanjutnya. Munafri juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang ramah dan cepat merespons keinginan masyarakat adalah hal yang wajib. "Tentu pelayanan ke masyarakat penting, menjadi tugas kita ke depan untuk terus memperbaiki sistem layanan publik agar makin responsif dan profesional," tegasnya. (*)Sidak Layanan Publik di Tamalate, Appi Soroti Kebersihan dan Respon Layanan
Selasa 27-05-2025,12:21 WIB
Reporter : Fuad
Editor : Muh. Seilessy
Kategori :
Terkait
Rabu 10-09-2025,13:42 WIB
Urai Kemacetan Daerah Manggala, Pemkot akan Bangun Jalur Alternatif Baruga - Leimena
Selasa 09-09-2025,22:22 WIB
Lintas Organisasi Cipayung Plus Sambangi Wali Kota Makassar, Dorong Sinergi dan Mitra Kritis Pemkot
Selasa 09-09-2025,08:36 WIB
Sembilan Pejabat Eselon II Pemkot Makassar Dilantik, Appi Pastikan Gerbong Mutasi Terus Bergerak
Senin 08-09-2025,16:14 WIB
Pemkot Makassar Umumkan 3 Besar Lelang Jabatan Eselon II, Berikut Nama-Namanya
Senin 08-09-2025,12:51 WIB
Dorong Ekonomi Baru, Stadion FIFA Untia Jadi Trigger Pembangunan Kota Makassar
Terpopuler
Rabu 10-09-2025,16:43 WIB
Orang Tua Siswa Adukan Pengutan Liar di SMP 23 Makassar
Rabu 10-09-2025,12:57 WIB
Sekwan DPRD Makassar Tunjuk Gedung Perumnas Hertasning untuk Kantor Sementara, Segini Biaya Sewanya
Rabu 10-09-2025,14:51 WIB
Bupati Uji Nurdin Dukung Inovasi Slag Nikel sebagai Material Konstruksi Berkelanjutan
Rabu 10-09-2025,13:02 WIB
Rapat Maraton, Banggar DPRD Sulsel Bahas APBD Hingga Larut Malam
Rabu 10-09-2025,18:08 WIB
Fatma Wahyuddin Soroti Anggaran Rp12 Miliar untuk Taman CPI
Terkini
Rabu 10-09-2025,18:08 WIB
Fatma Wahyuddin Soroti Anggaran Rp12 Miliar untuk Taman CPI
Rabu 10-09-2025,16:43 WIB
Orang Tua Siswa Adukan Pengutan Liar di SMP 23 Makassar
Rabu 10-09-2025,14:51 WIB
Bupati Uji Nurdin Dukung Inovasi Slag Nikel sebagai Material Konstruksi Berkelanjutan
Rabu 10-09-2025,13:42 WIB
Urai Kemacetan Daerah Manggala, Pemkot akan Bangun Jalur Alternatif Baruga - Leimena
Rabu 10-09-2025,13:02 WIB