Hadapi Lonjakan Transaksi Ramadan, Bank Mandiri Siapkan Rp 2,5 Triliun untuk Sulawesi & Maluku

Hadapi Lonjakan Transaksi Ramadan, Bank Mandiri Siapkan Rp 2,5 Triliun untuk Sulawesi & Maluku

Regional CEO Bank Mandiri Region X/Sulawesi & Maluku, Atta Alva Wanggai. --

DISWAY, SULSEL  – Menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1446 H, Bank Mandiri Regional X/Sulawesi & Maluku mengambil langkah strategis untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai masyarakat dengan menyiapkan dana Rp 2,5 triliun.

Jumlah ini meningkat 5,29 persen dibandingkan tahun sebelumnya, seiring dengan meningkatnya transaksi selama periode pembayaran gaji dan THR.

Regional CEO Bank Mandiri Region X/Sulawesi & Maluku, Atta Alva Wanggai, menegaskan bahwa mayoritas dana tersebut akan dialokasikan untuk pengisian ATM yang diprediksi mencapai Rp 1,9 triliun.

BACA JUGA:Bank Mandiri Hadirkan Posko Layanan untuk Pemudik di Pelabuhan Parepare

Sebanyak 690 unit ATM/CRM yang tersebar di wilayah Sulawesi dan Maluku telah dioptimalkan untuk memastikan kelancaran transaksi masyarakat, terutama selama libur Lebaran.

Tidak hanya memperkuat jaringan ATM, Bank Mandiri juga meningkatkan layanan digitalnya. Dengan 10.356 mesin EDC, 262.000 QRIS/Livin’ Merchant, serta 10.844 Mandiri Agen yang tersebar di Sulawesi dan Maluku, nasabah dapat bertransaksi dengan lebih mudah tanpa harus bergantung pada uang tunai.

“Livin’ by Mandiri juga telah kami siapkan untuk menghadapi lonjakan transaksi selama Ramadan dan Idul Fitri. Kami terus mengoptimalkan kapasitas BI-Fast, yang kini menjadi pilihan utama nasabah dalam melakukan pengiriman dana secara cepat dan aman,” ujar Atta.

Untuk memastikan kelancaran transaksi digital, Bank Mandiri telah menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) dan membentuk tim monitoring IT khusus yang akan siaga selama periode puncak transaksi.

BACA JUGA:Kota Makassar Raih Penghargaan Kota Sehat se-Asia Tenggara dari WHO

Bank Mandiri juga memperhatikan kebutuhan masyarakat yang melakukan perjalanan selama libur Lebaran. Untuk pengguna jalan tol, fitur top-up Mandiri e-money melalui Livin’ by Mandiri memastikan kemudahan pengisian saldo kapan saja dan di mana saja. 

Selain itu, stok kartu e-money telah disiapkan dan dapat diperoleh di berbagai kanal, termasuk cabang Bank Mandiri, Indomaret, Alfamart, e-commerce, serta vending machine di lokasi transportasi.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap nasabah dapat bertransaksi dengan nyaman, baik secara tunai maupun digital. Dengan kesiapan infrastruktur dan jaringan layanan kami, Bank Mandiri berkomitmen untuk memberikan pengalaman perbankan yang lancar selama Ramadan hingga Idul Fitri,” tambah Atta.

BACA JUGA:Mantan Ketua PMII Kota Makassar Kecam Penyebar Fitnah, Siap Pasang Badan Bela Menag KH. Nasaruddin Umar

Secara nasional, Bank Mandiri telah menyiapkan Rp 31,6 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri, meningkat 5,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Jaringan ATM dan CRM juga diperkuat dengan total 12.905 unit ATM/CRM serta 246.000 mesin EDC di seluruh Indonesia.

Sumber: