Sekda Tekankan Digitalisasi dalam Upaya Reformasi Birokrasi di Takalar

Sekda Tekankan Digitalisasi dalam Upaya Reformasi Birokrasi di Takalar

<!-- wp:paragraph --> <p><strong>DISWAY, Takalar</strong> - Indeks Reformasi Birokrasi kabupaten Takalar pada tahun 2021 berada pada kategori C dengan nilai 49,45.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>Nilai tersebut diperoleh dari 7 hasil/area yang telah dilakukan pengukuran perubahan oleh leading sektor diantaranya BKN, Kemenpan RB, Ombudsman, ANRI, Badan Pengawas Pembangunan dan Keuangan dan sejumlah leading sektor lainnya.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>Sekda H. Muh. Hasbi, S.Stp., M.Ap selaku ketua tim reformasi birokrasi kabupaten Takalar menilai rendahnya nilai Takalar disebabkan karena masih banyak OPD yang kurang memahami mengenai reformasi birokrasi itu sendiri.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>Untuk meningkatkan nilai dari C ke B, Sekda Takalar menekankan agar masing-masing OPD lebih dahulu dilengkapi dengan sara Information Technologi (IT) atau melakukan digitalisasi.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>"Kemenpan RB dalam evaluasinya, selalu mengedepankan penggunaan aplikasi. Olehnya itu, yang harus kita konsenkan yakni peningkatan pengetahuan mengenai IT. Semua OPD harus memiliki dulu sarana IT lalu melangkah ke yang lain seperti regulasi dan lain-lain," kata H. Hasbi.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>H. Hasbi lanjut menjelaskan bahwa semua data harus digitalisasi atau berbasis IT. Dengan sistem seperti ini, maka akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan juga memudahkan dalam pekerjaan sehari-hari bagi ASN.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>"Misalnya persuratan membutuhkan tanda tangan maka cukup menggunakan tanda tangan digital dalam bentuk barcode. Dengan penerapan ini, maka tidak ada lagi pekerjaan yang dilakukan manual," pungkas H. Hasbi.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>Sekda Takalar Digitalisasi pemerintahan atau e-Goverment ini diharapkan mampu memberikan kontribusi besar dalam upaya reformasi birokrasi dilingkup pemerintahan kabupaten Takalar.</p> <!-- /wp:paragraph --> <!-- wp:paragraph --> <p>Rapat koordinasi ini diikuti oleh tim pelaksana reformasi birokrasi yang terdiri dari Staff Ahli Bupati Megawati Ibrahim, Kepala Bapelitbangda Rahmansyah Lantara, Kepala BKPSDM Drs. Irwan, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Takalar Ir. Sukwansyah dan tim lainnya di Ruang Rapat Setda, Kantor Bupati Takalar.***</p> <!-- /wp:paragraph -->

Sumber: