TikTok Shop Buka Lagi Mulai 12.12, Transaksi Lewat Tokopedia
<strong>diswaysulsel.com, MAKASSAR </strong>- Kabar gembira buat kamu yang hobi belanja online! TikTok Shop hadir kembali di Indonesia mulai besok, Selasa, 12 Desember 2023. Hal itu sejalan dengan investasi TikTok di Tokopedia (GoTo Grup) senilai Rp 23,42 triliun yang telah disepakati per hari ini, Senin, 11 Desember 2023. Diketahui sebelumnya, TikTok Shop ditutup pemerintah pada 4 Oktober 2023 lalu. Kini, GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kerja sama di RI untuk membangun sektor e-commerce. Berikut informasi selengkapnya. <strong>Transaksi Jual Beli Lewat Tokopedia</strong> Berdasarkan keterangan baik dari TikTok dan Tokopedia menyebutkan, kerja sama ini menyepakati untuk kembali menggunakan TikTok Shop sebagai platform untuk pemasaran. Kemudian untuk transaksi jual belinya nantinya akan dialihkan ke Tokopedia. Hal ini sesuai dengan status dan ijin TikTok di Indonesia yang masih sebagai media sosial. Kerja sama tersebut juga dinilai masih sejalan dengan Permendag 31/2023. “Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia,” tulis manajemen Tokopedia, Senin, 11 Desember 2023. Adapun fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia. “Mulai Senin, 11 Desember 2023 pukul 9:00 WIB, Seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center,” kata manajemen TikTok Shop dalam keterangannya. Tak hanya pedagang, mulai Selasa, 12 Desember 2023 pelanggan bisa mulai membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi LIVE di aplikasi TikTok. <strong>Lakukan Kampanye Pertama Beli Lokal</strong> TikTok Shop akan melakukan kampanye pertama usai resmi beroperasi. “Campaign bersama kami yang pertama, Beli Lokal, akan diluncurkan pada Selasa, 12 Desember 2023 bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” lanjutnya. Uji coba tersebut dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Kampanye Beli Lokal menjadi salah satu inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka. “Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia,” tulis manajemen GoTo dalam pernyataan resmi. Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market). Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. "Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo," jelasnya.
Sumber: