KPPN Sinjai Gelar Focus Group Discussion Dengan Lima Elemen Stakeholder
<strong>diswaysulsel.com, SINJAI -</strong> Sesuai dengan amanat dalam Pasal 5 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 46/PMK.01/2021 tentang Pedoman Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Keuangan, penyempurnaan Standar Pelayanan Kemenkeu dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan pengguna layanan dan para pihak terkait secara pentahelix minimal 1 (satu) kali dalam setahun. Sebagai tindak lanjut dari amanat tersebut, KPPN Sinjai mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Konsultasi Publik bersama dengan beberapa perwakilan pengguna layanan publik yang berasal dari 5 (lima) elemen yaitu Satuan Kerja, Pemerintah Daerah, Akademisi, LSM/Ormas/Vendor, dan Media Massa, yang digelar di Aula Kantor KPPN Sinjai, Kamis (15/8/2024). Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi mengatakan, kegiatan ini ditujukan sebagai upaya peningkatan kualitas layanan melalui pelibatan aktif publik (meaningful participation) dalam penyusunan maupun penyempurnaan Standar Pelayanan di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Diharapakan dengan pelaksanaan FGD ini dapat meningkatkan kualitas layanan dan mewujudkan janji layanan KPPN Sinjai. Pelayanan Cepat, Tepat, dan Tanpa Biaya,” ujar0nya. Beberapa poin penting yang di highlight dalam pelaksanaan FGD tersebut, Arif Kurniadi menyebutkan diantaranya, Komitmen KPPN Sinjai dalam menjaga integritas layanan dengan tidak adanya gratifikasi dan benturan kepentingan serta penguatan program ZI menuju WBBM. Adanya inovasi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai espektasi stakeholders seperti SIRESIK, SIPANDAI, dan teropong IKPA. Perlunya peningkatan quick response terhadap konsultasi dan pengaduan sebagai feedback atas layanan yang diberikan. "Adanya kompensasi layanan apabila terdapat kelemahan pemberian layanan oleh petugas KPPN Sinjai," pungkasnya. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara hasil forum konsultasi publik KPPN Sinjai dengan perwakilan dari Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat/Kepala Desa, Pengguna Layanan, Akademisi, Media Massa, UMKM, Perbankan, LSM/Ormas. Kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama peserta dan narasumber/pemateri dan Office Tour Ruang Pelayanan KPPN Sinjai. <strong>Penulis: Andi Irfan</strong>
Sumber: