Tingkatkan Kepuasan Pelanggan, PLN IP UP PLTD Selayar Jaga Keandalan Sistem Kelistrikan Selayar
<strong>diswaysulsel.com, SELAYAR</strong> - PLN Indonesia Power Unit Pembangkit (UP) PLTD Selayar terus berkomitmen menjaga keandalan sistem kelistrikan di Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menjaga kepuasan pelanggan. Langkah ini menjadi fokus utama pasca beberapa gangguan mesin terjadi akibat cuaca buruk di wilayah tersebut pade periode Agustus-September ini. Gangguan tersebut memicu PLN IP UP PLTD Selayar untuk mengambil tindakan cepat dan tepat dalam meningkatkan kualitas pelayanan listrik di wilayah Kepulauan Selayar. Wawan Hudayana, Manager PLN Indonesia Power UP PLTD Selayar, bersama tim PLN UP3 Bulukumba, ULP Selayar, & UP2D Makassar bekerja keras dalam upaya meningkatkan keandalan sistem pembangkit listrik. Gangguan mesin yang terjadi diakibatkan oleh cuaca buruk membuat kebutuhan untuk perbaikan sistem menjadi lebih mendesak. Wawan mengakui bahwa tantangan geografis dan kondisi alam di Selayar kerap kali menjadi faktor penyebab terganggunya pasokan listrik di daerah tersebut. “Dalam upaya menjaga keandalan sistem kelistrikan, kami telah melakukan koordinasi dengan PLN UP3 Bulukumba serta Tim UPD2 Makassar. Kami membahas langkah-langkah perbaikan mesin dan sistem proteksi guna memastikan keandalan sistem kelistrikan yang tetap terjaga dengan baik di Kepulauan Selayar” ucap Wawan. Manager PLN IP UBP Tello dan jajaran UP3 Bulukumba turun langsung meninjau kondisi tersebut, memperlihatkan sinergi kuat antar PLN Group. Langkah konkret yang telah diambil oleh tim termasuk melakukan setting ulang proteksi mesin yang melibatkan tim teknis yang berpengalaman untuk mendapatkan pengaturan dan paling andal dalam menghadapi kondisi isolated di Kepulauan Selayar. Proses ini penting untuk memastikan stabilitas sistem kelistrikan, terutama di wilayah kepulauan yang memiliki keterbatasan infrastruktur. “Salah satu fokus utama saat ini adalah percepatan perbaikan gangguan mesin dan peningkatan proteksi sistem pembangkit. Kami menekankan pentingnya tindakan segera untuk menyelesaikan permasalahan teknis yang timbul akibat gangguan mesin, terutama di tengah tantangan geografis seperti yang dihadapi di Selayar,” lanjut Hariady, Manager UBP Tello. Selain itu, PLN IP UP PLTD Selayar juga memperbaiki sistem Defens Fault Record (DFR), yang memiliki peran penting dalam mendeteksi gangguan pada mesin maupun jaringan listrik. Dengan perbaikan ini, diharapkan mampu memantau dan menganalisis potensi gangguan dengan lebih baik sehingga dapat diantisipasi secara cepat. Hal ini menjadi bagian dari upaya PLN Indonesia Power untuk terus memberikan layanan listrik yang andal kepada masyarakat Kepulauan Selayar. Dengan berbagai langkah yang telah diambil, PLN Indonesia Power Unit Pembangkit PLTD Selayar optimis dapat menjaga keandalan sistem kelistrikan di wilayah tersebut. Upaya ini tidak hanya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga untuk mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di Kepulauan Selayar yang sangat bergantung pada pasokan listrik yang stabil. (*)
Sumber: