Tingkatkan Kepuasan Pelanggan, PLN IP UP PLTG Tello Tingkatkan Keandalan Pembangkit Melalui Aplikasi Diamond

Minggu 01-09-2024,15:45 WIB
Reporter : Muhammad Fadly
Editor : Muhammad Fadly

<strong>diswaysulsel.com, MAKASSAR </strong>- PT PLN Indonesia Power terus berkomitmen untuk meningkatkan kepusan pelanggan melalui keandalan pembangkit. Melalui sub unit UP PLTG Tello, telah dilakukan upaya dalam meningkatkan keandalan pembangkit listrik melalui implementasi aplikasi Diamond. Langkah ini merupakan upaya serius PLN untuk memastikan efisiensi operasional pembangkit sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Penerapan aplikasi dilatarbelakangi proses pencatatan data operasional pembangkit dilakukan secara manual yang kerap menimbulkan tantangan dalam hal kecepatan, akurasi, dan kemudahan akses. Dengan adanya sistem digital ini, seluruh data operasional pembangkit kini dapat diakses dan dimonitor secara real-time, memberikan fleksibilitas serta efisiensi dalam pengelolaan pembangkit. Sejak Go Live pada 17 Juli 2024. Hingga saat ini, aplikasi tersebut telah digunakan secara optimal oleh para operator untuk mendukung kelancaran operasional di PLN Indonesia Power UP PLTG Tello. Aplikasi Diamond sendiri merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk mengelola data logsheet yang mencakup mekanisme kontrol, monitoring, dan perbaikan pelaksanaan program kerja pada mesin pembangkit UP PLTG Tello. Sistem ini memungkinkan para operator untuk mengakses data parameter yang diperlukan secara cepat dan efisien, memastikan keakuratan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan operasional. “Sebelum implementasi aplikasi Diamond, pencatatan data operasional pembangkit dilakukan secara manual. Hal ini seringkali menimbulkan kendala dalam hal penyimpanan, pencarian data, dan pemantauan kondisi operasional secara real-time. Dengan beralih ke sistem digital, UP PLTG Tello dapat mengoptimalkan pengelolaan data,” jelas Achmad Fadhil selaku Manager UP PLG Tello. Keandalan pembangkit listrik menjadi salah satu prioritas utama PLN Group dalam menjaga kualitas layanan kepada pelanggan. Melalui aplikasi Diamond, PLN Indonesia Power UP PLTG Tello dapat memastikan bahwa pembangkit beroperasi secara optimal dan konsisten. Hal ini pada akhirnya akan berdampak positif pada kepuasan pelanggan, yang semakin bergantung pada kualitas dan keandalan pasokan listrik. “Langkah digitalisasi yang dilakukan PLN Indonesia Power melalui aplikasi Diamond ini juga sejalan dengan upaya perusahaan untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Dengan mengadopsi sistem yang lebih modern dan efisien, PLN Indonesia Power UP PLTG Tello siap menghadapi tantangan masa depan dalam pengelolaan energi listrik.” Jelas Hariady, Manager UBP Tello. “Dengan aplikasi ini, PLN Indonesia Power tidak hanya meningkatkan efisiensi dan keandalan pembangkit listrik, tetapi juga menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Digitalisasi ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas layanan sekaligus menjaga keandalan pasokan energi bagi masyarakat,” tutup Hariady. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait