Tokopedia dan TikTok Shop Gencarkan Program 'Creators Lab', Bantu Masyarakat Belanja Aman

--
Program ini telah berlangsung di Bekasi dan Tangerang, dan akan berlanjut ke 10 kota lain, termasuk Makassar, Sulawesi Selatan.
Pemberdayaan 10 Ribu Perempuan
Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sekaligus Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya mengatakan, bersama sejumlah mitra, seperti Tokopedia dan TikTok Shop, pihaknya menargetkan memberdayakan 10.000 perempuan dan generasi muda hingga akhir tahun melalui program Emak-emak Matic.
" Kami sangat mengapresiasi keterlibatan Tokopedia dan TikTok Shop lewat Creators Lab dalam melatih peserta yang didominasi ibu rumah tangga untuk menjadi kreator TikTok yang bisa mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan produk UMKM lokal di TikTok Shop," katanya.
"Peserta juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya merekomendasikan produk atau penjual terpercaya untuk mendukung #BelanjaAman di platform e-commerce seperti TikTok Shop, sangat penting mengingat kontribusi e-commerce ke ekonomi kreatif sangat signifikan," sambungnya.
Salah satu peserta yang ikut Creators Lab pada program Emak-emak Matic menyatakan apresiasinya.
Ikhfa Ayu Wahdani, pemilik usaha LKP Marewa, mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi sebagai seorang ibu rumah tangga bagaimana cara menambah pemasukan keluarga sambil terus melihat tumbuh kembang anak secara intensif.
"Ternyata ada peluang untuk mendapat penghasilan dari rumah lewat platform digital seperti TikTok. Berkat pelatihan hari ini, saya belajar cara membuat konten video yang baik untuk dapat komisi dari mempromosikan produk-produk UMKM lokal di TikTok Shop," ujarnya.
"Saya bisa dapat penghasilan dari rumah dengan waktu yang fleksibel, jadi bisa terus temani anak. Saya juga bisa bantu promosikan UMKM lokal di wilayah saya supaya makin laris manis," imbuhnya. (*)
Sumber: