Penurunan Pendapatan Iklan dan Utang Besar, Elon Musk: Twitter Merugi

Penurunan Pendapatan Iklan dan Utang Besar, Elon Musk: Twitter Merugi

<strong>diswaysulsel.com, MAKASSAR </strong>- Elon Musk mengatakan Twitter masih merugi karena adanya 'beban utang yang berat' dan penurunan pendapatan iklan. Elon Musk mengungkapkan hal itu dalam tweet balasan ke pengguna yang menyarankan Musk untuk membentuk konsorsium bersama untuk membeli utang Twitter. CEO Tesla itu mengeluhkan posisi keuangan perusahaannya yang mulai tidak nyaman. "Kami masih arus kas negatif, karena ~50% penurunan pendapatan iklan ditambah beban utang yang berat," cuit Musk. "Perlu mencapai arus kas positif sebelum kita memiliki kemewahan apa pun yang diinginkan," sambungnya. Musk membuat perubahan besar pada Twitter sejak membayar $44 miliar untuk membelinya Oktober 2022 lalu, termasuk memangkas sekitar 90 persen tenaga kerja. Namun, Musk menghadapi perjuangan berat yang curam untuk membuat perusahaan itu menguntungkan. Melansir Reuters, pengambilalihan itu dibiayai dengan pinjaman dalam jumlah besar dan pembayaran bunga saja diperkirakan sekitar $1,5 miliar per tahun. Fidelity, seorang manajer aset, memperkirakan pada bulan Mei bahwa Twitter sekarang hanya bernilai $ 15 miliar – bahkan sebelum Meta meluncurkan Threads, yang diharapkan Mark Zuckerberg akan menjadi pembunuh Twitter. Pengiklan memilih dengan kaki mereka setelah pengambilalihan Musk, dengan setengah dari pengeluaran terbesarnya pergi pada bulan berikutnya. Sementara Musk mengatakan kepada BBC News bahwa pengiklan telah kembali, dokumen internal yang dibagikan dengan The New York Times pada bulan Juni menunjukkan bahwa pendapatan iklan turun hampir 60 persen. Fenomena itu terjadi di tengah penurunan yang lebih luas dalam periklanan online, dengan banyak perusahaan memilih untuk mengurangi biaya pemasaran. Sementara itu, langkah-langkah yang diharapkan Musk akan menghasilkan aliran pendapatan baru belum dimulai. Twitter Blue hanya menghasilkan $11 juta dalam tiga bulan pertama, misalnya. Insentif untuk menarik kreator ke platform dan mendapatkan lebih banyak pendaftaran ke Twitter Blue dengan membayar pengguna berdasarkan tayangan, juga tampaknya tidak akan menghasilkan perubahan pendapatan yang nyata.

Sumber: